Ungkapan yang perlu diucap orang tua kepada anak

Sebagai orang tua kita selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik buat anak-anak kita, dan apa yang menurut kita belum tentu baik dan dapat diterima oleh anak. Anak-anak merupakan titipan Tuhan dan kita diberikan tanggung jawab untuk merawat dan membesarkan anak kita, adapun beberapa ungkapan yang dirasa perlu untuk diucapkan oleh kita orang tua kepada anak-anak kita adalah sebagai berikut:

  1. Kami Mengasihimu Usahakan memulai kegiatan di pagi hari dengan mengungkapkan kata-kata kasih terhadap anak kita, Banyak anak-anak bertumbuh tanpa pernah mendengar ungkapan kasih yang sederhana ini, Beri jaminan kasih kepada anak saudara dengan mengatakan 'anakku, kami (papa/mama) sangat mengasihimu, dan apapun yang terjadi, kami (papa/mama) akan selalu ada untuk mendukungmu.
  2. Papa/ mama salah, maafkan papa/mama Sebagai manusia biasa, kita akan melakukan kesalahan, seringkali sebagai orang tua, kita berkata-kata tanpa berpikir dahulu, ataupun bereaksi dalam kemarahan, dan itu dapat membuka celah untuk berbuat dosa. Jika itu terjadi, segeralah dengan rendah hati minta maaf kepada anak kita, mungkin dengan mengakatan, 'Nak, papa/ mama sudah bertindak kelewatan, apakah engkau mau memaafkan papa daripada memilih untuk tetap marah...?
  3. Papa/ mama bangga padamu Dari awal, semua anak pasti membutuhkan dukungan, ketika mereka melakukan pekerjaan dengan baik dan membuat kagum orang tua, berilah pujian, pastikan bahwa saudara kagum dan bangga dengan apa yang sudah dia lakukan, maka anak saudara akan bisa mengeluarkan seluruh bakat/ potensi yang terbaik. Dan sebagai pertanyaan, kapan terakhir kali saudara bangga dan memberi pujian bagi anak saudara...?
  4. TIDAK' Sebagai orang tua, perlu sekali untuk melindungi anaknya dari pengaruh buruk atau dari pilihan-pilihan yang menjerumuskan. Anak saudara perlu didikan yang benar dari orang tua dirumah, untuk meningkatkan moral anak dari berbagai pengaruh yang buruk.
  5. YA' Katakan 'ya' terhadap permintaan anak kita selama itu benar dan kita dapat memenuhinya (Seringkali orang tua cenderung berkata 'tidak' untuk anak mereka). Jika anak ingin berbagi sesuatu, baik itu cerita, pengalaman, katakanlah 'ya' untuk momen tersebut, dan nikmatilah kebersamaan dengan anak saudara.
  6. Mari Berdoa Sebagai seorang tua (ayah khususnya) adalah pemimpin yang paling berpengaruh dalam kehidupan anak, dan mereka perlu melihat dan mendengar bagaimana saudara berdoa. Mungkin saudara dapat memulainya dari doa makan atau doa sebelum tidur, dan biarkan anak saudara mengetahui bagaiman saudara berdoa . Dan berdoa juga supaya saudara dapat menjadi ayah yang terbaik dalam hidup anak saudara.
  7. Utamakan Tuhan Dalam Rumah Tangga Setiap rumah tangga selalu mempunyai prioritas, banyak dari mereka melakukan pekerjaan, olahraga, hiburan, sekolah, dan kegiatan lainnya, dan itu semua tercantum dalam kalender. Dalam semua itu, sangat penting bagi anak saudara untuk bertumbuh secara rohani, dan ketika mereka memutuskan ikut kegiatan rohani, maka mereka akan mengerti, siapa sebenarnya yang paling utama dalam kehidupan mereka.
Semoga ungkapan yang sederhana ini dapat membuat kita menjadi orang tua yang sempurna dimata anak kita. 

Tuhan memberkati

Comments

Popular posts from this blog

Bimbingan Pra Nikah: Dasar Pernikahan Kristen

Pengajaran: Pemulihan Hati Bapa dan Anak

Krisis dan Respon Daud di Gua Adulam